Lee Hae-Jin – Pendiri LINE

Lee Hae Jin mendirikan Naver.com pada tahun 1999. Sejak itu, ia berhasil mengantarkan Naver menjadi search engine terpopuler di Korea Selatan. Berkat Naver, Korea Selatan adalah satu di antara beberapa negara, termasuk Rusia dan Tiongkok, yang tidak didominasi oleh Google. Belum puas, kini Lee nyebur ke dunia instant messaging dengan sebuah app yang tentu sudah Anda kenaLINE FerlyFRl.

Lee Hae Jin, adalah seorang kaum terpelajar lulusan sains dan teknologi dengan masa depan yang cerah di Samsung Group. Akan tetapi, Lee kemudian memutuskan untuk menanggalkan karirnya di perusahaan terbesar di Korea Selatan itu untuk mendirikan Naver, dan beberapa tahun kemudian meluncurkan Line. Ternyata, langkah ini kemudian jadi langkah terbaik dalam hidupnya. Dalam waktu 4 tahun, Line berhasil mendominasi Jepang, Thailand, dan Indonesia.

Line berhasil mengumpulkan hingga US$6,38 juta pada triwulan pertama tahun 2014. Selain itu, terutama karena 80% pembelian datangnya dari Jepang, model ini kabarnya membuat Softbank, sebuah perusahaan telekomunikasi Jepang, tertarik untuk berinvestasi di Line. Kabar ini membuat nilai saham Naver melonjak, yang mana berujung pada kekayaan Lee yang berlipat ganda.

Para pakar keuangan memastikan kekayaan Lee berasal dari pertumbuhan dari pengguna Line, yang saat ini telah melampaui 300 juta pengguna di seluruh dunia.

Kini, kekayaan Lee Hae Jin diperkirakan mencapai angka sekitar $1.1 miliar. Kesuksesan Lee ini cukup menakjubkan mengingat perekonomian digital Korea Selatan masih didominasi oleh konglomerat. Belum ada cukup banyak model bisnis startup yang sukses di sana. Namun toh, Lee bisa membuktikan bahwa tanpa dukungan iklim yang baik pun, selama Anda memiliki keyakinan bahwa Anda bisa, Anda bisa mencapai kesuksesan dengan startup Anda.

Posted in Tokoh Inspirasi Dunia and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *